Smiley_melanie

Cuma blog amatir..

News June 6, 2008

BLT Mahasiswa Terbuka Disalahgunakan

Kamis, 29 Mei 2008 – 12:30 wib

DENPASAR – Pemerintah tidak menampik bantuan khusus mahasiswa (BKM) sebagai kompensasi dari kenaikan bahan bakar minyak (BBM), terbuka terjadinya penyimpangan. Namun, belum diketahui berapa persentase kemungkinan terjadinya penyimpangan.

Pemerintah, dalam hal ini Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Bambang Sudibyo, tidak menutupi penyimpangan tersebut. Namun menurutnya mekanisme kontrolnya lebih mudah.

“Di perguruan tinggi lebih sederhana dibanding SMA dan SMK. Karena jumlah pergurunya tinggi lebih sedikit,” kata Bambang usai membuka Konferensi Pendidikan Regional Asia pasifik ke-48 di Hotel Sanur Paradise, Jalan Bypass Ngurah Rai, Denpasar, Kamis (29/5/2008).

Bambang memaparkan, dalam pendistribusian BKM, setiap perguruan tinggi akan mendapatkan kuota sesuai dengan jumlah mahasiswanya. Dari 2.783 perguruan tinggi negeri dan swasta, setiap perguruan tinggi akan mendapatkan kuota sebesar 9,8 persen. Total kuota mahasiswa sebesar 400 ribu orang, 10 persen dari 4 juta mahasiswa seluruh Indonesia yang masih aktif.

“Kisarannya (BKM) untuk semester tahun ini, Rp500 ribu permahasiswa. Ini akan digelontorkan pada semeter ganjil. Pada tahun 2009 nanti diusulkan ke DPR, akan mendapatkan 1 tahun penuh,” terangnya.(Miftachul Chusna/Sindo/hri)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s